Kamis, 13 September 2018

Topik yang Dipelajari Dalam Struktur Data

Pengertian Struktur Data



         Struktur data adalah suatu pengelolaan data sehingga data dapat dipergunakan secara lebih efisien dan efektif. Dalam bahasa pemrograman, struktur data seringkali ditampakkan secaa fisik dalam bentuk tabel (biasanya pada bahasa pemrograman/pengelolaan database berbasis visual), namun pada beberapa bahasa pemrograman yang tidak berbasis visual, strutkur data lebih berupa pengelolaan data dengan aturan-aturan tertentu. Mata kuliah ini meliputi analisis algoritma (big-Oh), metode-metode dalam searching dan sorting serta berbagai macam Struktur Data seperti arrays, queue, stacks, linked lists, binary trees, dan hash tables, ataupun kombinasi diantaranya. Secara garis besar struktur data dapat dibagi menjadi dua yaitu type data sederhana dan type data majemuk.

Topik yang Terkait Struktur Data
Berikut adalah topik yang akan dibahas dalam mata kuliah struktur data :
  1. Pengantar Struktur Data 
  2. Review record dan array 
  3. Stack (tumpukan) 
  4. Queue (antrian) 
  5. Linked list dan variasi list 
  6. Multilist 
  7. Pohon biner 
  8. Graph 

Review Record
             Disusun oleh satu atau lebih field. Tiap field menyimpan data dari tipe dasar tertentu atau dari tipe bentukan lain yang sudah didefinisikan sebelumnya. Record disebut juga tipe terstruktur.
Contoh :
Tipe Titik : record < : real, y : real>
Jika P dideklarasikan sebagai titik maka mengacu field pada P adalah Px dan Py.

Review Array
         Larik adalah struktur data statik yang menyimpan sekumpulan elemen yang bertipe sama. Setiap elemen diakses langsung melalui indeksnya. Indeks larik harus tipe data yang menyatakan keteraturan misalnya integer atau karakter.
Implementasi Struktur Data
            Dalam dunia Informatika, struktur data dapat diimplementasikan dalam penyusunan data/file di dalam media penyimpanan agar tidak terjadi masalah yang kompleks. Seperti penerapan metode pengurutan data yaitu kita dapat memilah-milah data berdasarkan  kategori tertentu, sehingga membantu kita untuk lebih mudah dalam menemukan data yang kita cari. Contoh dalam penerapan stack dalam kehidupan sehari-hari. Stack adalah suatu tumpukan dari benda. Konsep utamanya adalah LIFO (Last In First Out), benda yang terakhir masuk dalam stack akan menjadi benda pertama yang dikeluarkan dari stack.


Author : Danang Dwiyoga Adimurdaka (17520241015)
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sources
http://www.nusinau.com/pengertian-struktur-data-2
http://archive2006.ilkom.unsari.ac.id/dosen/jaidan/materi/Bahan%20kuliah%20Data.pdf
http://rahmawatydirah.blogspot.com/2015/11/struktur-data-sederhana-dan-majemuk.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar