Selasa, 12 September 2017

Resensi Buku Cara Cepat Membuat Animasi Flash Menggunakan SWiSHmax

Mengasah Ilmu Multimedia Dengan Membuat Animasi Flash

Judul Buku      : Cara Cepat Membuat Animasi Flash Menggunakan SWiSHmax
Pengarang       : Arry Maulana Syarif
Penerbit           : ANDI Yogyakarta
Tebal buku      : xiv + 302 Halaman
Cetakan           : 2017
Berat               : 348 gram
ISBN               : 979-731-605-X

Bagi yang sering mengakses internet, pasti tidak akan asing dengan istilah animasi.
Animasi bahkan dapat ditemukan di mana pun saat kita sedang mengakses web internet. Animasi dapat berupa suatu info, permainan, puzzle, dan bahkan metode pembelajaran saat ini yang banyak digemari adalah berwujud Animasi. Animasi yang biasa kita lihat biasanya termasuk dalam tipe animasi Flash. Animasi tersebut sebenarnya dapat dengan mudah kita buat dengan menggunakan aplikasi salah satunya yaitu SWiSHmax. Mengapa memilih menggunakan aplikasi SWiSHmax? Karena program tersebut sangat hebat. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, animasi yang begitu kompleks dapat dibuat dengan hitungan detik.


Mungkin banyak yang sudah mengenal program bernama Macromedia Flash, tentunya Anda akan merasakan kemudahan dan kekuatan program tersebut. Apabila di dalam Macromedia Flash Anda membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menciptakan animasi yang kompleks, SWiSHmax memungkinkan Anda membuat animasi kompleks secara mudah dan dalam waktu singkat.

Hal lain yang terpenting dalam SWiSHmax adalah hasil karya yang telah diciptakan dapat langsung diekspor ke dalam format file SWF, yaitu format yang digunakan oleh Macromedia Flash. Oleh sebab itu, animasi yang dibuat dengan SWiSHmax akan dengan mudah dijalankan di setiap PC yang sudah terinstal Flash Player. Animasi ini tentu dapat disisipkan ke dalam halaman web seperti yang biasa terlihat, atau diimpor ke dalam dokumen Macromedia Flash, atau bahkan juga dapat dimasukkan ke dalam Microsoft PowerPoint.

Di buku ini, penulis akan menjelaskan bagaimana penginstalan dan pengoperasian aplikasi yang bernama SWiSHmax tersebut, jadi Anda tidak perlu khawatir akan kurang nya pengetahuan tentang cara menggunakan aplikasi tersebut.
Penulis secara praktis dan lengkap berusaha menyajikan bagaimana caranya menggunakan aplikasi SWiSHmax tersebut, dimulai dari pengenalan aplikasi dan cara penginstalan yang mudah dimengerti. Buku ini mengulas pengoperasian program SWiSHmax disertai dengan contoh aplikasi pembuatan animasi. Selain itu, buku ini juga memberikan praktik pembuatan interaksi di dalam movie menggunakan SWiSHscript seperti membuat tombol play, stop, rewind, dan forward, membuat puzzle, membuat game berhitung, mengatur sound, dan lain sebagainya.

Disajikan banyak gambar-gambar pendukung penjelasan yang akan membuat pemahaman cara penggunaannya menjadi lebih mudah. Banyak juga tips-tips yang mendukung pemahaman apa yang disampaikan buku ini kepada para pembaca.
Kesesuaian ide pokok dengan tujuan penulisan buku sudah baik. Pengungkapan ide-ide pokok yang tersusun secara sistematis memudahkan para pembaca dalam pemahaman. Juga antara bagian satu dengan bagian lainnya yang tersusun secara harmonis.

Tersusun rapi dalam beberapa bagian bab yang membuat pembaca lebih memfokuskan pemahaman pada satu materi dan tidak bertele tele. Seluruh bagian-bagian aplikasi dijelaskan dengan sangat mendetail, sehingga diharapkan para pembaca tidak kebingungan apabila dihadapkan dengan masalah yang timbul saat mengoperasikan aplikasi tersebut.
Buku ini sangat dianjurkan dan dapat menjadi referensi bagi orang yang suka menyalurkan bakat dan idenya dalam bentuk multimedia, sehingga mereka dapat berkreasi dalam menciptakan sebuah animasi yang mungkin berguna bagi orang lain.

Walaupun di buku ini terdapat beberapa istilah yang bagi orang awam akan sulit memahaminya, namun secara keseluruhan buku ini mampu mengantar dan menjawab hambatan-hambatan untuk dapat berkontribusi di dalam pengembangan teknologi informasi, khususnya bidang multimedia.


Ingin dapat mengoperasikan program SWiSHmax secara cepat? Buku Cara Cepat Membuat Animasi Flash mengunakan SWiSHmax Hadir sebagai solusinya, membantu Anda semua untuk ikut berkontribusi di dalam pengembangan multimedia.


Keyword:
Resensi, Buku, Flash, Animasi, ANDI Yogyakarta.
Contoh resensi
Contoh resensi buku
Cara membuat animasi flash
Kelebihan dan kekurangan buku

Nama : Danang Dwiyoga Adimurdaka
Prodi : Pendidikan Teknik Informatika
Jurusan : JPTEI

LOMBA MEDIA dari jurusan JPTEI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar